Sarasehan Sobat: Refleksi Kebebasan Berkeyakinan dan Prakteknya

SOBAT adalah forum lintas iman yang diinisiasi oleh tiga lembaga yaitu Lembaga Percik (Persemaian Cinta Kemanusiaan), Pondok Pesantren Edi Mancoro-Gedangan, dan Sinode Gereja Kristen Jawa – Salatiga. Secara formal SOBAT dimulai sejak Juni 2002 melalui pertemuan 15 pendeta dan 15 kyai, di lingkup Jawa Tengah dan DIY. Mereka difasilitasi untuk mempercakapkan isu-isu yang selama ini menjadi problem relasi antar umat beragama. Dalam perkembangannya SOBAT telah melakukan berbagai pertemuan di berbagai tempat di Jawa Tengah dan DIY. Pertemuan rutin di simpul-simpul lokal, pertemuan pemrakarsa dan kelompok kecil merupakan kegiatan yang acap kali dilakukan dalam forum SOBAT.

Pertemuan berkala SOBAT yang diselenggarakan minimal 2 x dalam satu tahun, telah dirasakan oleh banyak kalangan atau pun aktivis SOBAT dampak yang positif dari forum tersebut. Dampak positif tersebut antara lain: dapat membuka kotak-kotak segregasi, dan memungkinkan kerjasama atau melakukan kegiatan bersama lintas agama di berbagai bidang. Selain itu gerakan SOBAT juga dalam perkembangannya telah mampu membangun pikiran-pikiran serta forum-forum dialog agama dengan segmentasi khusus, yaitu Kata Hawa (Forum Lintas Iman Perempuan), SOBAT Muda, Wacana Lintas Iman, Forum Lintas Kultural bagi anak-anak/Remaja.

Serangkaian kegiatan tersebut mengandung tujuan antara lain Memperbaiki relasi melalui hubungan pertemanan terutama karena gap dan prasangka buruk sudah terlalu besar, menciptakan kesediaan untuk belajar bersama tentang konteks local kehidupan mereka, menciptakan kesediaan untuk belajar bersama dan mengembangkan kemampuan bersama dalam menghadapi ketidakpastian yang terkait dengan krisis dan ancaman kekerasan.

Dalam rangka memperingati 74 tahun Indonesia merdeka, Forum Lintas Iman SOBAT bekerjasama dengan Simpul Kudus (Sedulur Sikep), mengundang Bp./Ibu/Sdr untuk membincangkan persoalan-persoalan yang ada dalam masyarakat dengan tajuk sarasehan “Refleksi Kebebasan Berkeyakinan dan Prakteknya”, yang akan dilaksanakan pada:

Hari /Tanggal      : Selasa – Rabu, 27-28 Agustus 2019

Waktu                   : 12.00 WIB s/d selesai

Sarasehan bersama Narasumber:

  1. Budi Santoso (Tokoh Sedulur Sikep): “Perjuangan Sedulur Sikep dalam Menghadapi berbagai Perubahan”
  2. Tedi Kholiludin (ElSa Semarang): “Sharing pengalaman pendampingan terhadap Penghayat Kepercayaan: Tantangan dan Peluang”.

Tempat                                : Ds Larikrejo, RT 02/RW 01, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus

 

Kontak via email:  percik@percik.famili.com atau Ambar Istiyani (Hp. 0856-4044-2690).